12 August 2009

Vonis TUHAN

Bacaan: Kejadian 6 : 13
Pada ayat tersebut TUHAN berfirman kepada Nuh bahwa IA hendak menghukum manusia yang hidup pada zaman tersebut, vonisnya tidak tanggung-tanggung, hukuman mati!!

Sampai Kejadian ayat di atas, TUHAN sudah menjatuhkan empat kali vonis hukuman atas pelanggaran-pelanggaran. Berikut adalah para "terdakwa" beserta vonisnya:

Iblis
Karena kesombongan dan keangkuhannya, yakni ingin menjadi TUHAN, iblis yang tadinya bersama-sama di sisi TUHAN di dalam kerajaanNYA, dengan pangkat yang begitu luar biasa, harus direndahkan derajatnya dengan dijatuhkan ke atas bumi.

Adam & Hawa
Adam & Hawa yang merupakan manusia pertama & kedua diberikan fasilitas yang istimewa di Taman Firdaus. Hanya satu, satu saja perintah TUHAN agar mereka tidak memakan atau menyentuh buah dari satu, satu, satu pohon saja! Namun, itu pun mereka langgar. Alhasil, TUHAN mengusir mereka keluar dari taman itu dan menempatkan mereka di bumi dengan kehidupan yang penuh jerih payah yang harus mereka jalani.

Kain
Iri hati atas adiknya, Habel, membuat dirinya menjadi seorang pembunuh pertama yang menyebabkan ia dijadikan TUHAN sebagai seorang pengembara yang harus pergi jauh dari orang tua dan sanak saudaranya.

Manusia zaman Nuh
Hidup manusia pada zaman Nuh sudah sangat jauh dari kekudusan. Mereka semua hidup dengan keinginan daging mereka tanpa memikirkan TUHAN sedikit pun. Akibatnya TUHAN memusnahkan mereka semua dengan air bah yang dahsyat ke atas bumi.

Ada dua faktor yang menyebabkan TUHAN menjatuhkan vonis kepada manusia, yaitu:

Kekerasan hati manusia
Manusia lebih sering hidup menurut kedagingan mereka. Contohnya adalah Bangsa Israel. Bangsa ini merupakan bangsa pilihan TUHAN, namun ketika TUHAN mengeluarkan mereka dari tanah Mesir, kekerasan hati mereka begitu terlihat, sehingga julukan bangsa yang tegar tengkuk pun mereka sandang. Seringkali mereka tidak mau dengar-dengaran akan perintah TUHAN padahal mereka sudah menyaksikan langsung tangan TUHAN bekerja bagi mereka, mereka lebih memilih untuk hidup sesuai keinginan daging mereka.

Kekecewaan hati TUHAN
Pola hidup manusia, yang notabenenya serupa dengan gambar ALLAH, seringkali tidak kudus dan jauh dari berkenan di hadapan TUHAN, sehingga mengecewakan hati TUHAN. Celakanya TUHANlah yang menciptakan manusia, sehingga ketika IA merasa kecewa sudah menciptakan kita, maka dengan mudah IA akan mengambil hidup kita!

Bersiaplah untuk merasakan vonis TUHAN atas hidupmu, segala kesombongan, keras hati, iri hati, dan segala hal-hal yang tidak berkenan di mata TUHAN akan memberatkanmu sehingga vonis akan semakin berat! Namun, kasihNYA akan mengampunimu, darahNYA akan menyucikanmu kembali jika kalian datang dengan hancur hati kepadaNYA. (:

(sumber : noni, pembicara : nando)

No comments:

Post a Comment